Selasa, 04 Februari 2020

Tugas kepariwisataan

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau (disingkat Kepri) adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vi
etnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara SingapuraMalaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 96% merupakan lautan, dan hanya sekitar 4% daratan.

➽Bahasa
➽Rumah adat

Hasil gambar untuk rumah adat provinsi kepulauan riau
Rumah Belah Bubung adalah rumah adat darikepulauan Riau yang berada di Indonesia. RumahBelah Bubung juga dikenal dengan nama rumahrabung atau rumah bubung melayu
Rumah Belah Bubung memiliki model rumah yang sama dengan rumah panggung.


➽Agama

Buddha diperkiran masuk melalui pedagang dari Tiongkok dan India. Masa Islam di Kepulauan Riau berkembang dengan berdirinya Kesultanan Riau-Lingga. Kesultanan ini berasaskan Melayu Islam dan Islam sendiri dikenal setelah dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India, dan Arab.

➽Baju adat
Hasil gambar untuk kebaya labuh dan teluk belanga"

  • Kebaya Labuh

 adalah pakaian adat Kepulauan Riau untuk wanita yang berbentuk kebaya dengan panjang hingga sebawah lutut. Kebaya Labuh juga digunakan untuk acara-acara resmi seperti upacara adat dan perkawinan. Kebaya Labuh dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan.

  • Teluk Belanga
Teluk Belanga adalah pakaian adat Kepulauan Riau untuk pria yang berwarna polos. Teluk Belanga dipadukan dengan celana panjang yang sewarna dan sarung yang dipakai sebatas lutut yang berfungsi sebagai selendang.


➽Makanan khas

  • Sop Tunjang
Hasil gambar untuk sop tunjang adalah
Sop tunjang adalah salah satu makanan khas Kepulauan Riau yang pastinya tidak boleh dilewatkan. Sop tunjang adalah sop yang berisi tulang sapi dengan beberapa bagian daging yang cukup tebal. Kuah dari sop tunjang ini mirip seperti soto hanya saja lebih bening dan kaya akan rempah



  • Asam pedasBaung
Hasil gambar untuk baung khas kepri

Ikan baung adalah ikan air tawar yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Ikan baung yang diolah dengan asam pedas ini menjadi hidangan khas Kepulauan Riau yang sangat segar dan menggugah selera. Kuahnya yang berwarna merah memiliki rasa yang segar karena rempah-rempah yang digunakan.

➽Potensi dan daya tarik

Potensi pertambangan batuan dan logam yang ada di Provinsi Kepulauan Riau berupa jenis bahan tambang yaitu bauksit, timah, batu besi, granit, pasir darat dan pasir laut. •Batu granit di wilayah Karimun, Bintan, Lingga dan Kepulauan Anambas; Tambang bauksit terdapat di pulau Bintan (Riau).

Wisata alam


  • Pulau Batam


Pulau Batam adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota Batam. Pulau ini merupakan pulau yang paling berdekatan dengan negara Singapura, terpisahkan oleh selat selebar 15 km, dan merupakan kawasan perdagangan bebas (FTZ=Free Trade Zone), bagian dari kawasan Sijori (SingapuraJohor (Malaysia) dan Kepulauan Riau (Indonesia)).


  • BUKIT BINTAN KEPULAUAN RIAU

Hasil gambar untuk bukit bintan kepulauan riau"
Bukit Bintan, sesuai namanya, merupakan pegunungan yang terletak di Teluk Bintan dan terkenal sebagai daerah produksi buah durian terbesar.  Bagi pecinta buah durian, mampir ke Gunung Bintan merupakan tindakan sekali dayung dua tiga pula terlampaui.  Objek wisata Bukit Bintan, atau masyarakat setempat lebih sering menyebutnya Gunung Bintan, menawarkan wisata hiking.
Dengan mendaki puncak Bukit Bintan, kita akan bisa menyaksikan keindahan Pulau Bintan yang sangat luas dari atas.  Dibutuhkan waktu hanya sekitar 3 jam untuk mendaki Bukit Bintan ini.
wisata buatan 
  • Queen Garden Waterboom
Hasil gambar untuk queen garden waterboom

Queen Garden Waterboom adalah waterboom yang cukup menarik untuk dikunjungi saat ke Batam. Queen Garden Waterboom memang sering dipadati oleh pengunjung ketika musim liburan datang.
Waterboom ini terletak di Sadai, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau. Buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 WIB
wisata budaya
museum Sultan Badrul Alamsyah
museum Sultan Badrul Alamsyah yang terletak di Jalan Ketapang nomor 2, Kemboja, Kota Tanjung Pinang, memamerkan benda-benda yang memiliki nilai sejarah kepulauan Riau.
Museum ini ditujukan sebagai pusat studi wisata budaya, pelestarian, dan upaya menjadikan masyarakat lebih menghayati nilai luhur kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar